Tips Membeli Knalpot Aftermarket
Posted by: Zikri Irfandi - 02-02-2014, 07:48 AM - Forum: Tips Motor - Replies (1)

Bagi pencinta motor kenceng dan doyan ngebut, pasti butuh dong pendongkrak tenaga buat si besutan yang bisa bikin suara motor terdengar lebih sangar? Nah, untuk itu brad n sist kudu jitu dalam memilih pipa pengeluaran alias knalpot yang dipakai. Gak semua knalpot itu sama, bisa saja ada yang mengalami suatu masalah. Hal itu dialami oleh Manda Agus yang membesut Kawasaki Ninja 150 R.

Perhatikan Alur Lasannya
Pria yang doyan memodifikasi motornya biar terlihat sangar dan mengaplikasikan pipa lengkung pada besutannya, malah tertimpa masalah. Knalpot yang doi beli baru dua minggu, malah mengalami kebocoran alus di bagian sambungannya.



“Gue membeli knalpot buat si Ninin ini memang karena awalnya tertarik dengan kualitasnya yang bagus. Itu juga gue dapet dari pembicaraan bareng temen-temen, makanya gue beli deh walaupun harganya lumayan tinggi, Rp 1,2 juta,” ujar Manda.

Masih ujarnya, ”Tapi, setelah gue aplikasikan ke si Ninin gue, selama pemakaian dua minggu, eh malah terjadi masalah. Ada bocor halus di permukaan knalpotnya. Di bagian sambungannya ada lobang kecil. Eh, lama-kelamaan malah semakin membesar. Jadi, pengeluaran suaranya makin enggak nendang.”

Setelah ME kedapatan mengetahui permasalahan dari Manda, ME langsung mengkonfirmasi salah satu juragan knalpot di Indonesia yang enggak mau disebutin namanya, doi membeberkan ulasannya.

“Konsumen yang ingin membeli knalpot harus telaten atau jeli dalam memilihnya. Pertama, harus dilihat dulu kondisi si knalpot, dari lasan di bagian sambungannya, hingga ke strukturnya. Di sinilah tingkat kejelian harus lebih ditingkatkan,” ujar juragan knalpot ini.

Masih dengannya, “Kedua, konsumen harus meraba setiap detail lasan knalpot. Jangan sampai ada yang kasar. Hal itu terjadi, karena lasannya kurang bagus. Dan yang terakhir, jangan sampai ada yang berpori-pori pada lasan knalpot. Intinya, harus tahu alur dari lasannya,” ujarnya yang masih enggan menyebutkan namanya setelah ME konfirmasi.

Nah, untuk itu motorexpertiz harus telaten dan jeli dalam memilih suatu knalpot. Jangan sampai mengalami kejadian seperti yang Manda Agus alami. Jangan termakan rayuan hanya karena harga mahal, kualitas udah pasti bagus. Belum tentu bradsis, kan bisa aja itu cuma duplikat alias imitasi.

Print this item

  Dukungan Fans Jadi Motivasi Marquez Pertahankan Gelar Juara
Posted by: dimas - 02-01-2014, 10:16 PM - Forum: Balap Internasional - No Replies


SPANYOL, ME. Tugas berat sekarang ini dipikul Marc Marquez sebagai juara dunia bertahan di MotoGP 2014 ini. Persaingan diprediksi makin sulit di musim ini. Menurut ramalan Cina, warna oren dan putih adalah warna keberuntungan di tahun ini, bradsis. Hehehe.. Namanya ramalan, boleh percaya, boleh juga gak percaya.

Selalu Mendukung di Saat Baik dan Buruk

Lain lagi ceritanya buat Marquez. Menurutnya, di bawah tekanan biasanya apa yang dikerjakan akan mendapat hasil yang baik. Imipian doi sejak awal karir sebagai pembalap MotoGP ini sekarang udah berhasil dicapainya, yaitu mampu ngejuarain 3 kategori kelas MotoGP yang berbeda. “Jadi sekarang saya tetap 100 persen termotivasi dan tetap bekerja untuk memenangkan kejuaraan kembali,” ujar Marquez.

Boleh dibilang, di tahun kemarin mungkin tahun keberuntungannya Marquez. Sebab, tanpa dukungan dari Honda dengan motor yang diklaim sempurna dan dukungan dari fansnya selama ini, hasilnya pasti nihil meskipun mentalnya udah terasah sebagai sang juara.

“Bertahun-tahun lalu, saya tidak hentinya hanya sebatas pengemar sepeda motor. Saat saya berbicara kepada sebagian besar dunia, saya percaya dan berpikir menangani situasi dengan baik merupakan aspek yang harus dikerjakan dan mencari tahu secara alami,” katanya.

“Fans penting bagiku, karena mereka selalu mendukung di saat baik dan di saat buruk. Tentu saja, ada saatnya ketika Anda tidak ingin urusan pribadi Anda untuk tidak diketahui,” tambah Marquez.

Tapi balik lagi ke awal, ME jadi penasaran sih soal ramalan tadi. Bener gak yaa tahun ini tim oren-putih alias Repsol Honda bisa berjaya lagi..

Baca Juga:
Gak Perlu Nunggu 2015, Suzuki Siap Turun di 2014
Herve Poncharal: Nakamoto Begitu Keras Kepala
Debat Kusir Penyeregaman ECU Standar Berlanjut, Bos Tech 3 Setuju Regulasi Baru
Vermeulen: Turunin Elektronik dan Ban, MotoGP Bisa Lebih Seru

Print this item

  Scoopy Hellaflush, Tularkan Virus Pelek Offside
Posted by: Zikri Irfandi - 02-01-2014, 05:45 PM - Forum: Modifikasi - No Replies

PADANG, ME. Sekarang ini makin banyak aja skutik yang udah dimodif beraliran thailook yang beredar di jalan raya atau pun di kontes-kontes modifikasi yang digelar. Tapi beda dengan brader yang satu ini nih bradsis, Ryan Febringgo Nugraha malah gak mau ikut-ikutan aliran thailook. Dia punya virus tersendiri untuk disebar ke pengguna skutik lainnya.

Pelek Lebar Ban Kecil
Modifikasi beraliran thailook emang dinilai gampang-gampang susah untuk nerapinnya, maksudnya lebih banyak gampangnya bradsis. Karena gak perlu ubahan yang terlalu rumit. Salah satu kerumitannya mungkin adalah komposisi atau penempatan aksesoris yang diaplikasi aja.



Penggunaan banyak aksesoris yang dipakai di aliran thailook, menurut Ryan agak sedikit berlebihan bradsis. Nah, dia lebih milih aliran yang simpel tapi tetep elegan. "Karena sekarang banyak virus skutik yang beraliran thailook, gue sendiri memilih untuk menjauh dari tren itu. Gue lebih suka ke aliran yang simpel dan elegan," ungkap Ryan.



Aliran hellaflush pun dinilai Ryan cocok dengan seleranya. Gak ribet, terbilang simpel, tapi tetep nonjolin kesan elegan dan mewah. Hellaflush sendiri sebenernya dimulai dari tren modifikasi pada mobil. Di sini, mereka mengaplikasi ban kecil pada pelek lebar. Jadi, terkesan peleknya ngelebihin alias offside dari bannya.



Kebanyakan dari mobil-mobil yang mengaplikasi gaya ini juga pada ceper semua bradsis. "Gue sama temen-temen lainnya berusaha juga untuk menyebarkan virus hellaflush yang dimana kami memadukan pelek yang lebar dengan ban yang kecil. Jadi, pelek terlihat offside," ujar Ryan yang tergabung dalam komunitas P2MCM (Padang Panjang Motor Ceper Modifikasi).



"Kalo hobi gue emang di modifikasi dan suka dengan yang bergaya mewah dan elegan. Jadi, gue terapin juga ke motor gue kayak gitu dan dipadu gaya hellaflush tersebut," tutup Ryan.

Pesan Inspiratif: Buat yang suka modifikasi yang simpel tapi tetep elegan, kayaknya aliran ini pas banget nih buat brader n sista.

Saran Tim ME: Tambahin lampu angle eye di headlamp-nya kayaknya jadi makin keren nih brad.

Data modifikasi:
Ban depan dan belakang: Swallow Dragster 60/80-17, Pelek depan dan belakang: d.i.d 2.50, Selang hawa: Earst, Bracket selang: Trusty, Sokbreker: G@Zi, Monel: Trusty, Cat: Blinken (black mistic with xirlalic gold, red, and purple).

Print this item

  Komparasi Yamaha New V-ixion Lightning VS Honda CB 150R Streetfire
Posted by: Zikri Irfandi - 02-01-2014, 08:14 AM - Forum: Review & Bike Comparasion - Replies (4)

Yamaha New V-ixion Lightning dan Honda CB150R memang didesain untuk bertarung head to head dalam satu segmen, wajarlah jika brosis yang hendak meminang motor sport dibuat bimbang antara NVL atau CB150R.

   

Yuk kupas tuntas perbedaan keduanya, supaya brosis bisa memilih yang terbaik sesuai kebutuhan dan selera.

Mesin

NVL dan CB150R sama-sama dibekali mesin 150 cc, namun ada beberapa perbedaan mendasar pada spesifikasi di antara keduanya.

   
   

CB150R memiliki basis mesin yang sama dengan saudara kandungnya CBR150 R, yaitu : 149,48 cc DOHC, memiliki 4-Katup, berpendingin cairan dan dilengkapi transmisi 6 speed.

Sedang New V-Ixion masih mengandalkan mesin lamanya, 149,8 cc SOHC 4 klep berpendingin cairan transmisi 5 speed.

Karena karakter CB150R yang overbore dan rasio 6 speed rapat, tenaga akan terasa lebih nendang di rpm menengah ke atas dengan nafas panjang. Sedang tenaga New V-Ixion cenderung rata di semua rpm.

Di sisi pengkabutan bensin, keduanya sudah menggunakan sistem injeksi, CB150R dilengkapi throttle body lebih besar 30mm, sedangkan NVL dilengkapi TB 28mm, keunggulan NVL adalah sudah dilengkapi O2 sensor yang memungkinkan pengaturan debit BBM lebih presisi, efeknya efisiensi BBM lebih besar.

Nah, bagaimana kedua motor ini di atas mesin dyno, kita chek dua video berikut:

Dyno test Honda CB 150R Streetfire




Dyno test Yamaha New V-ixion Lighting




Maka akan diperoleh data bahwa sang CB150R meraih peak power 14.02HP @10.210 rpm sementara New Vixion mencapai 14.32HP @8224 rpm, dari sini bisa disimpulkan New Vixion lebih enak diajak stop n go karena tenaga puncak sudah didapat di rpm lebih rendah.

Nah bagaimana untuk akselerasi? Berikut datasheet perbandingan akselerasi keduanya:

   

Nah, walaupun di mesin dyno NVL lebih unggul, namun untuk akselerasi CB150R dapat mengalahkan NVL di semua jarak tes.

Oya untuk top speed keduanya beda tipis, Honda CB150R mampu melesat sampai 135 km/jam sedangkan Yamaha NVL 132 km/jam.

Nah, segitu dulu pembahasan komparasi Yamaha New V-ixion Lighting VS Honda CB 150R Streetfire, komparasi berikutnya akan menyusul.

Bagaimana brosis MotorExpertiz silahkan jika ada yang ditambahkan atau dikomentari?

Print this item

  Langkah Sederhana Agar Motor Awet
Posted by: Zikri Irfandi - 02-01-2014, 06:02 AM - Forum: Tips Motor - No Replies

Cuaca saat ini sudah memasuki musim penghujan, dan di musim penghujan begini motor kesayangan loe, butuh perawatan yang ekstra bradsis, Pasalnya, motor cepat kotor, berkarat dan mudah rusak. Sekarang, ME coba kasih tips ringan merawat motor di musim hujan, monggo disimak bradsis.

Seluruh Bagian
Selain cepat berkarat, rusak, motor jika gak dirawat juga bisa membahayakan bradsis, karena ada juga beberapa part yang sangat sensitif dan bakal memicu kecelakaan jika gak benar-benar dirawat atau diperhatikan. Berikut tips ringan merawat motor di musim hujan.

Cuci Motor
Jika mau motor kesayangan loe tetap oke penampilannya, di musim hujan begini harus rajin dicuci bradsis, jika gak punya waktu, tinggal bawa aja ke tukang cuci steam, pasalnya jika motor sehabis terkena guyuran air hujan, bisa mudah berkarat dan banyak goresan di bodi motor akibat pasir/lumpur yang menempel terbawa cipratan air hujan.

Cek Busi
Banyak motor mogok cuma gara-gara busi doang, bradsis. Coba setiap habis digunakan, apa lagi di musim hujan, cek dan bersihkan busi, kop dan kabel busi agar tetap bagus pengapiannya.

Saringan Udara
Jika saringan udara kotor atau basah, bisa bikin motor mogok bradsis, apa lagi jika saringan udara dilepas, air akan masuk ke dalam, dan udara akan menjadi embun, bisa bikin pembakaran bahan bakar jadi gak sempurna. Motor jadi boros, bahkan sering mogok.Nah, bagian ini juga selalu dicek bradsis.

Kabel Body
Kabel bodi sangat sensitif jika terkena air bradsis, karena bisa menyebabkan korslet dan merusak instrument kelistrikan. Usahakan cek kabel bodi, terutama pada soket atau sambungannya, jika terkelupas, tutup aja pakai isolasi hitam.

Rantai
Bagian ini jika terkena air hujan mudah berkarat bradsis, rantai jadi mudah kendor, dan gir pun mudah terkikis. Selalu lumasi rantai dengan Chainlube dan kencangkan rantai jika mulai kendor.

Kaki- kaki
Bagian kaki-kaki seperti ban, sokbreker, dan rem serta kampasnya, juga selalu dicek bradsis, untuk bagian ban, usahakan tekanan angin selalu sesuai standar, dan bagian sokbreker, rem, serta kampasnya, agar selalu dibersihkan dari kotoran yang menempel terbawa air hujan, karena bisa seal sokbreker bocor serta rem mengeluarkan suara mendecit.

Semoga bermanfaat tips ringan ME kali ini bradsis, motor loe tetap awet dan terjaga penampilannya, serta tetap aman dan nyaman saat dikendarai.

Print this item