Pasang Spakbor Ninja 250 Di V-Ixion, Sendiri Juga Bisa Kok
Posted by: Zikri Irfandi - 03-03-2014, 09:25 AM - Forum: DIY - No Replies

JAKARTA, ME. Kelihatannya sih emang sepele banget urusan pasang spakbor ini. Tapi langkah-langkahnya boleh dibilang agak ribet plus cukup memakan waktu juga bradsis. Pasalnya, spakbor bawaan V-Ixion sama Ninja 250 udah jelas beda banget. Beberapa toko emang nawarin barang ini sekaligus pasang, tentunya dengan tambahan ongkos. Tapi, bukan berarti gak bisa dipasang sendiri dong.



Harus Presisi
Sama seperti halnya ketika besutan kesayangan brader n sista dipasangin piringan cakram besar dan butuh bracket. Nah, untuk pemasangan spakbor ini butuh plat bradsis. Seperti yang kita ketahui, spakbor kepunyaan Ninja 250 lebih lebar dengan masing-masing 2 baut di kanan dan kiri.

Makanya, harus dibutuhin plat sebagai penopang baut spakbor Ninja 250 pada dudukan baut tabung sokbrekernya. Spakbor bawaan V-Ixion sendiri berbeda dudukan, jadi gak perlu pake plat. Mau gak mau, plat kepunyaan Ninja 250 harus dicocokin, antara dudukan baut spakbornya dengan dudukan tabung shok V-Ixion.

“Harus dipresisikan antara dudukan baut di spakbordnya dengan dudukan plat yang harus nempel di tabung sokbreker V-Ixion. Makanya, plat tersebut harus dipres, dibengkokin kanan dan kiri,” ujar Andy, salah satu montir di King’s Motor.



Demi tampilan yang makin jelas berbeda dari Yamaha V-Ixion lainnya, maka spakbord kepunyaan Ninja 250 ini harus rela kena coakan dengan ngegunain mesin gerinda. Selain bagian sampingnya lebar, penyesuaian pada celah kedua haluan sokbreker harus presisi juga.

“Maklum, namanya kawin silang, harus butuh kerelaan demi hasil puas. Karena emang awalnya spakbor bawaan udah gak layak pakai lagi dan gue pengen nyoba sesuatu yang beda aja. Hasilnya gantengan kan, motor gue sekarang?” ujar Muhammad Ikhsan si pemilik motor sambil tertawa.



Gak berenti sampai di situ doang, bradsis. Selanjutnya, bagian moncong belakang spakbor tersebut udah pasti mempet sama ban. Lagi-lagi penyesuaian harus dilakukan. Yups, penambahan plat juga harus dilakukan. Bikin 2 plat untuk menopang spakbor sepanjang 10 cm dan bor untuk membuat 2 lobang jalur masuknya baut.
Kelar di situ, baru deh, pasang keenam baut dengan menggunakan kunci L 8 dan kunci pas 10, dan hasilnya, jeng jreenggg… Selamat Mencoba!



Tools:
- Obeng (+)
- Kunci pas 10"
- Kunci pas 8"
- Gerinda
- Kunci L 8"

Print this item

  Ganti Klakson
Posted by: Zikri Irfandi - 03-03-2014, 08:48 AM - Forum: DIY - No Replies

Bagaimana cara ganti klakson dengan suara yang lebih besar dari aslinya? Jangan langsung sambung kabel Bro, karena klakson yang lebih besar membutuhkan arus yang lebih besar juga. Akibatnya kalo langsung pasang, suara klakson nggak akan keluar, bahkan wiring/kabel bisa terbakar.

Pakai relay Bro... Sehingga arus klakson bisa langsung diambil dari aki. Arus yang mengalir di wiring klakson asli pun kecil. Untuk pengaman, jangan lupa seri-kan sekring di kabel positif yang menuju aki. Berikut wiring diagram pemasangan klakson pada motor Bro..

   

Print this item

  Klakson Super
Posted by: Zikri Irfandi - 03-03-2014, 08:41 AM - Forum: Joke - Replies (2)

   

Print this item

  Stop, Anda Ditilang!!!
Posted by: Zikri Irfandi - 03-01-2014, 10:31 PM - Forum: Joke - No Replies

   

Print this item

  Om, Cerminnya dicariin tante tuh..
Posted by: Zikri Irfandi - 03-01-2014, 10:28 PM - Forum: Joke - No Replies

   

Print this item