Perbedaan Suzuki GSX-R150 (lokal) vs GSX-S125 (Global)
Posted by: Zikri Irfandi - 3 hours ago - Forum: Suzuki GSX-S150 - No Replies

Kita tahu bahwa PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) dipercaya untuk memproduksi GSX-150 dan GSX-125, jadi GSX-R/S125 yang dipasarkan di Eropa pun adalah buatan PT. SIM yang lokasi pabriknya ada di Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat.

Secara kualitas material, baik GSX yang dipasarkan di Eropa maupun Indonesia sama persis, tidak ada perbedaan kualitas antara keduanya. Namun pasti ada beberapa perbedaan karena adanya regulasi dan selera pasar. Kali ini kita bahas yuk Bro, perbedaan Suzuki GSX-S150 (versi lokal) dengan GSX-S125 (versi global).

MESIN

   

Basis mesin yang dipakai sama persis, mesin high performance dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Dan kita bisa lihat bagaimana insinyur Suzuki bisa memerah tenaga yang besar dari mesin DOHC yang kompak ini. Silinder boring mesin ini dilapisi dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material), sehingga bobot mesin lebih ringan tanpa mengorbankan kekuatan.

Seperti namanya, kita tau bahwa mesin GSX Indonesia berkubikasi lebih besar dari versi Eropanya, 150cc vs 125cc. Perbedaan ini sepertinya karena masalah regulasi, beginner bike untuk orang-orang Eropa dimulai dengan mesin 125cc, sedangkan di Indonesia memang pasar membutuhkan tenaga yang lebih besar.

KNALPOT (Catalytic Converter)

   

Suzuki GSX dilengkapi dengan knalpot high performance, dengan muffler dual exit. Di Indonesia yang masih memiliki standar emisi Euro3, catalytic converter tidak sepadat GSX-S125 (Euro 4). Efeknya dipastikan GSX-S150 akselerasi lebih plong dari saudara Eropanya, kebalikannya dengan GSX-S125 yang lebih ramah kepada lingkungan.

CLAMP STANG

   

Perhatikan foto GSX-S150 di atas, fokus ke clamp stang, dan bandingkan dengan foto GSX-S125 di bawah:

   

GSX-S125 memiliki cover yang menutupi clamp stang, yang membuat tampilan area dashboard terkesan lebih rapi dan mewah.

REFLEKTOR SPAKBOR
   

Kalo kita perhatikan semua motor di Eropa pasti memiliki reflektor (mata kucing) di area dekat spakbor depan. Sepertinya aturan lalu lintas di sana ya.. Memang sih dengan adanya reflektor ini, visibilitas motor akan lebih tinggi. GSX-S125 pun memiliki reflektor ini, sedangkanya seperti jamaknya semua motor di Indonesia, GSX-S150 tidak dilengkapi dengan reflektor spakbor.

ANTI-LOCK BRAKE SYSTEM (ABS)
   

   

Sudah menjadi kewajiban di Eropa, bahkan motor kubikasi kecil pun wajib dilengkapi dengan ABS, Suzuki GSX-S125 dibekali dengan ABS Bosch 10 base unit, yang merupakan sistem ABS terkompak dan teringan di pasaran Eropa saat ini. FYI, ABS memonitor kecepatan ban dan akan mengintervensi rem sebelum ban terkunci. GSX-S150 sendiri tidak dilengkapi ABS, tentunya untuk memangkas biaya produksi.

HEADLAMP
Headlamp GSX-S150 dan GSX-S125 sama-sama menggunakan LED, penggunaan LED bukan tanpa alasan, LED memiliki cahaya lebih terang, berumur lebih panjang, dan lebih efisien dari jenis bohlamp. Tapi ternyata mika headlamp kedua motor ini ada sedikit perbedaan, GSX-S125 memiliki mika headlamp yang lebih cembung dan membulat.



Sedangkan headlamp GSX-S150 memiliki desain mika yang egdy dan cekung, nggak tau juga alasan mengapa ada perbedaan desain ini, lagi-lagi regulasi mungkin? Tapi dari testimoni rider Suzuki GSX-R150 yang sudah mengganti headlampnya dengan versi Eropa, mengklaim cahaya headlamp cembung lebih terang.

Print this item

  Modifikasi Headlamp Projie Suzuki GSX-R150
Posted by: Zikri Irfandi - Yesterday, 08:29 PM - Forum: Suzuki GSX-R150 - No Replies

Modifikasi Headlamp Projie HID Suzuki GSX-R150 milik Bro Steve Han

   

   

   

   

   

Daftar modifikasi:

  1. Headlamp depan diganti projie dengan lampu HID AES 8000k + demon eyes merah.
  2. DRL dimodif agar bisa menjadi sein, sein samping dilepas.
  3. Spakbor dilepas sehingga, sein dimasukkan ke dalam mika taillamp.
  4. Damage cost Rp. 1.050.000, termasuk murah untuk hasil maksimal.
Silahkan lihat sendiri hasilnya dalam video di bawah:





Oya, sepertinya memang Bro Steve mau buat GSX-R150 layaknya race bike, nggak ada sein, nggak pakai spakbor belakang, dan penempatan plat nopol juga disembunyikan, seperti ini:

   

   

Print this item

  Vinales akan Jadi Rival Berat Marquez
Posted by: Zikri Irfandi - Yesterday, 09:18 AM - Forum: Balap Internasional - No Replies

Timesheet test pra musim selama ini sudah mengindiksaikan bahwa Maverick Vinales akan menjadi ancaman terbesar bagi Marc Marquez, sang juara dunia bertahan.

   

Rider baru Yamaha ini konsisten mencetak fastest lap dalam berbagai kesempatan test ride, dan Marquez pun terlihat konsisten dengan lap timenya. Tapi rupanya di hari terakhir test pra musim Australia, Vinales merasa kesal saat mengetahui Marquez menguntit di belakangnya saat simulasi race. 

Akhirnya Vinales memutuskan untuk membatalkan simulasi race agar Marquez tidak dapat "mencuri" data lebih banyak lagi.

   

"Setelah lima laps dia di belakang saya, akhirnya saya putuskan untuk membatalkan simulasi race," ujar Vinales. "Bagaimanapun, panjang sirkuit empat kilometer, sungguh aneh dia selalu di belakang saya."

Tapi rupanya ini nggak buat Vinales frustasi Bro, doi malah tambah semangat untuk terus bertarung dengan Marquez nantinya.

Vinales finish dengan waktu 0,294 detik di depan Marquez. Sedangkan sang rider Honda mencetak lap tercepat di hari pertama, lalu harus menjadi kedua setelah Vinales di hari kedua dan ketiga test Australia.

Marquez memang mengakui telah mengunti Vinales di simulasi race, dan mempelejari riding style Vinales: 

"Ada satu sesi dimana saya keluar dan melihat dia menyalip," ujar Marquez. "Ada sedikit gap, lalu saya bisa menyusul. Lalu saya mengikutinya selama dua lap dan cukup menarik, untuk melihat motor berbeda." 

Saat ditanya strong point Vinales, Marquez menjawab:

"Motornya sangat stabil di tikungan cepat. Seperti tikungan pertama, tikungan delapan. Motor kami lebih grogi, setiap tahunnya kami ke sini selalu menghadapi masalah sama di tikungan-tikungan ini. Tapi kami bekerja keras untuk memperbaikinya."

Print this item

  Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 Cutting Display
Posted by: Zikri Irfandi - 02-20-2017, 09:29 PM - Forum: Suzuki GSX-R150 - No Replies

   

   

   

   

   

   



   
Print this item

  Hasil Dyno Suzuki GSX-R150
Posted by: Zikri Irfandi - 02-19-2017, 05:25 PM - Forum: Suzuki GSX-R150 - No Replies

Berikut beberapa hasil dyno Suzuki GSX-R150:

FYI, test dyno dilakukan untuk mengukur tenaga aktual yang ada di ban belakang. 

   
Test menggunakan dynojet oleh Bintang Racing Team. Max power standar adalah 15,77 hp dan max torsi adalah 8,78 ft-lbs. Sebagai pembanding power max claim pabrikan (diukur di crank) adalah 18,9 hp, jadi turun sekitra 3,13hp atau 16,6%.. Ini wajar karena dari crank sampai ban belakang tentu terjadi disipasi energi yah.. 

   

Selain melakukan test dyno kondisi GSX-R150 standar, BRT juga melakukan test dengan knalpot racing berbagai tipe. Rata-rata naik 1,4hp untuk penggantian knalpot racing. Sedangkan torsi naik sekitar 0,4 ft-lbs. Cukup lumayan untuk penggantian knalpot saja, tentunya untuk mendapatkan peningkatan tenaga maksimal, harus dibarengi dengan penggantian air filter, tune up, dan jika perlu pakai piggy back seperti power commander.

Selanjutnya adalah test yang dilakukan oleh Sportisi Motorsport, hasil test dengan mesin dynojet adalah sebagai berikut:

   

Dalam kondisi Suzuki GSX-R150 standar power max on wheel adalah 16,16 hp dan torque maksimal 12,51 N-m, nggak jauh beda dengan pengukuran oleh BRT, selisih disipasi tenaga adalah 2,74hp atau 14,5%.

Kalo mau dibandingkan dengan motor 150cc sekelas, power on the wheel Suzuki GSX-R150 masih lebih tinggi dari kompetitor. Sebagai catatan Sportisi Motorsport pernah melakukan dyno test dan mendapati CBR 150R memikili tenaga 15,02 whp (wheel hp) sedangkan Yamaha R15 mencapai angka  14,8 whp.

Jadi nggak heran jika dipadu dengan bobot motor yang ringan, GSX-R150 bisa melesat dengan kecepatan 167 km/jam.

Print this item