Komparasi Suzuki GSX-R150 vs Yamaha YZF-R15 vs Honda CBR 150R

#1
Akhirnya  setelah Suzuki meluncurkan GSX-R150, persaingan motor sport fairing 150cc makin ramai. Jadi dengan masuknya si GSX, maka ada tiga pabrikan besar yang bermain di sini, Yamaha dengan R15 dan Honda dengan CBR 150R. Ketiga motor ini dijual dengan range harga 30jutaan, beda-beda tipis, jadi sangat wajib dikomparasi!!!

   

Mau komparo dari sisi mana dulu ya? Yuk kita bandingkan dari sisi mesin, jantung sang kuda besi.

   
Mesin Yamaha R15, forged piston dengan teknologi DiASil cylinder aluminium.

   
Mesin Honda CBR 150R, forged piston dengan teknologi silinder spiny sleave berbahan besi.

   
Mesin Suzuki GSX-R150, dengan teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material).

Dari segi teknologi mesin, ketiga motor ini relatif sama, mengandalkan teknologi pelapisan material keras untuk piston dan silinder mesin. Kalo dilihat mesin yang paling padat adalah milik GSX-R150 ya.. Ada apakah dibalik tebalnya mesin si GSX, ane juga belum tau..  Big Grin

Lanjut ke perbandingan spesifikasi resmi claim pabrikan..

   

Kalo dilihat dari perbandingan spesifikasi di atas GSX-R150 memiliki ukuran bore paling besar, yaitu 62mm, ukuran bore yang lebih besar akan menghasilkan tenaga yang lebih besar juga, dan dengan stroke yang paling kecil 48,8 mm menyebabkan GSX bisa dipelintir dengan rpm yang paling tinggi sampai 11.000 rpm. Kombinasi bore stroke seperti inilah yang menyebankan GSX-R150 bisa menyemburkan tenaga max 19,17 hp, jauh meninggalkan kompetitornya.

   

Namun bicara torsi R15 juaranya, karena stroke yang paling besar. Torsi besar lebih menang di akselerasi, lebih enak juga ditarik di lalu lintas padat stop dan go..

Tapi kalo sudah main di track yang panjang, motor yang memiliki nafas (RPM) lebih tinggi bisa dipastikan lebih unggul.

Tapi kalo mau hitung-hitungan performa, nggak sampai di angka power max aja loh, harus diperhitungkan juga bobot motor. Suzuki GSXR150 adalah yang teringan dengan bobot basah 134 kg, maka power to weight ratio GSX-R150 didapat di angka 0,15 hp/kg, terbesar jika dibanding kompetitor.
Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find
#2
   
Sasis Suzuki GSX-R150 berjenis backbone, dengan material penyusun berupa steel tube, pipa baja, walaupun tidak menggunakan alumium ternyata, GSX-R150 memiliki bobot paling ringan jika dibandingkan dengan R15 dan CBR150R, 134kg saja, dengan wheelbase 1.300 mm dan tinggi jok 785mm.

   
Sasis Yamaha YZF-R15 bisa dikata paling canggih, menggunakan model deltabox aluminium diecast, bahkan swing arm model banana R15 adalah yang paling cantik dan sangat moge sekali. Walau menggunakan aluminium, rupanya bobot R15 masih lebih berat dari GSX, tercatat berat basah R15 adalah 137kg. Wheelbase R15 adalah 1.345 mm dengan tinggi jok 800 mm.

   
Sasis Honda CBR 150R berjenis tralis, dengan aluminium hanger. CBR 150R bisa dibilang paling berat di antara kompetitor, berat basahnya adalah 147kg, paling berat Bro.. Wheelbase CBR 150R 1.311 mm dan tinggi jok 787 mm.

Makin panjang wheelbase sebuah motor, maka makin stabil motor itu pada kecepatan tinggi. Makanya motor-motor drag di luar negeri swing armnya panjang-panjang kan? Jadi yang paling stabil di kecepatan tinggi adalah Yamaha R15

Namun ada kelebihan juga wheelbase yang lebih pendek, maka motor tersebut makin lincah, makin mudah ditekuk di tikungan. Suzuki GSX-R150 memiliki wheelbase terpendek, motor ini paling enak untuk bermanuver lincah, ditambah lagi bobotnya yang paling ringan di kelasnya.
Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find
#3
   

Suzuki merilis grafik perbandingan tenaga dan torsi antara Suzuki GSX-R150 dan rival, di sini disebut sebagai Brand H dan Brand Y, yang dimaksud pastilah Honda CBR 150R dan Yamaha YZF-R15.

Di sini terlihat tenaga Honda CBR 150R dan Yamaha YZF-R15 lebih cepat didapat pada putaran mesin bawah, sedangkan Suzuki GSX-R150 tenaganya baru meledak saat grafik tenaga kedua motor kompetitor mulai turun setelah mencapai batas RPMnya, selisih tenaga antara Suzuki GSX-R150 lebih dari 3HP, dan didapat pada RPM yang jauh lebih tinggi, dengan bahasa awamnya nafas GSX lebih panjang.

Sedangkan untuk torsi, Suzuki mengakui bahwa torsi GSX-R150 lebih rendah dibandingkan kompetitor, dimana CBR 150R dan YZF-R15, memiliki torsi yang lebih padat di rentang rpm bawah-menengah. Namun saat torsi kedua motor tersebut sudah habis, torsi GSX-R150 malah meledak.
Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find
#4
Drag Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR 150R

Belum ada info resmi mengenai drag antara Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR 150R, jadi ane cuma bisa kasih dua foto ini aja.

   

   
Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find
#5
Video Drag Suzuki GSX-R150 vs Honda CBR150R



Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find
#6
   

Kalo bicara mengenai compression ratio (CR), maka Suzuki GSX-R150 keluar sebagai pemenang di antara Honda CBR 150R dengan Yamaha R15.

Apa sih compression ratio? 

Compression ratio adalah perbandingan volume ruang bakar terbesar terhadap volume ruang bakar terkecil, gampangnya adalah perbandingan volume ruang bakar saat piston berada di titik mati bawah (TMB) vs titik mati atas (TMA).

   

Idealnya mesin dengan compression ratio yang lebih tinggi adalah mesin yang diinginkan, karena mesin akan semakin efisien. Dengan jumlah BBM yang sama, mesin dengan CR lebih tinggi akan menghasilkan tenaga lebih besar, artinya BBM juga lebih irit. 

Namun perlu diperhatikan Bro, jika menggunakan BBM beroktan rendah, mesin dengan CR yang lebih tinggi lebih riskan mengalami engine knocking atau ngelitik, ini bisa menurunkan efisiensi bahkan kerusakan pada mesin.

Maka nggak heran, motor dengan CR lebih dari 10:1, disarankan menggunakan Pertamax (RON 92). Sehingga ketiga motor ini sebaiknya menggunakan Pertamax.
Like us on Facebook and Twitter
Visit juga forum hondabrio.org
Find


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Honda CBR 250RR, Yamaha R25, dan Ninja 250Fi DIADU di Sentul Zikri Irfandi 2 2,636 12-27-2016, 09:19 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Honda CBR 250RR vs KTM RC250, Pilih mana? Zikri Irfandi 0 329 12-13-2016, 03:19 PM
Last Post: Zikri Irfandi
  Honda CBR 250RR Selfie Bareng Ninja 250 FI Zikri Irfandi 0 210 11-26-2016, 06:02 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Komparasi Hasil Dyno CBR 250RR vs YZF-R25 vs Ninja 250 FI Zikri Irfandi 0 211 11-18-2016, 09:04 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Komparasi Suzuki GSX 250R vs Kawasaki Ninja 250R Zikri Irfandi 0 1,357 10-31-2016, 10:49 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Yamaha R15 vs KTM RC200 Zikri Irfandi 4 1,096 08-17-2016, 12:25 PM
Last Post: Zikri Irfandi
  Yamaha R15-S vs R15 v2 Zikri Irfandi 0 1,325 10-03-2015, 05:51 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria F 150 Zikri Irfandi 9 6,119 08-06-2015, 11:35 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Diskusi Komparasi Fisik R15 dan R25 Zikri Irfandi 0 963 06-10-2014, 11:27 AM
Last Post: Zikri Irfandi
  Pilih Mana? Yamaha R15 atau CBR 150R Zikri Irfandi 3 1,562 06-04-2014, 06:54 AM
Last Post: Zikri Irfandi



Users browsing this thread: 1 Guest(s)