5 Sumber Kalsium Selain Susu untuk Kuatkan Tulang

#1
Setiap harinya, tubuh membutuhkan asupan kalsium sekitar 1.000 mg per harinya. Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, menguatkan pembuluh darah, penyeimbang asam, membantu pembekuan darah untuk mempercepat penyembuhan luka hingga melindungi otot jantung.



Pakar kesehatan merekomendasikan susu sebagai salah satu sumber kalsium terbaik karena komponennya yang lengkap. Dalam segelas susu sapi murni terkandung 300 mg kalsium sehingga untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, diperlukan tiga gelas susu. Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu.

Beberapa orang memiliki intoleransi laktosa, yaitu tidak adanya enzim di dalam tubuh yang bisa mencerna gula susu (laktosa). Kondisi ini menyebabkan terjadinya diare, memicu timbulnya jerawat hingga reaksi alergi. Susu juga bukan merupakan pilihan bagi mereka yang menjalani diet vegan atau memang tidak menyukai minuman ini.

Tapi jangan khawatir, karena kalsium juga bisa didapatkan dari sumber lain. Namun yang perlu diperhatikan, karena kalsium dari sumber nabati umumnya tidak memiliki komponen selengkap susu maka sebaiknya konsumsinya divariasikan. Artinya, jangan hanya mengonsumsi satu jenis sayuran saja untuk mendapatkan manfaat kalsium secara maksimal.

1. Almond
Kacang dengan citarasa gurih dan creamy ini memiliki 80 mg kalsium dalam satu genggaman tangan. Almond juga bermanfaat mengurangi kadar gula darah tinggi, membantu penurunan berat badan dan mengurangi kolesterol. Namun almond juga tinggi akan kalori sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya, cukup satu genggaman tangan sehari.

2. Brokoli
Sayuran hijau dengan tekstur renyah ini mengandung 180 mg dalam satu cangkir. Agar nutrisi brokoli tetap terjaga, jangan dipanaskan terlalu lama dan menjadi lembek. Cukup rebus selama satu menit, atau siram dengan air panas. Brokoli yang masih renyah tentu akan lebih nikmat disantap ketimbang yang terlalu empuk.

3. Oatmeal
Oatmeal berasal dari gandum utuh yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan jantung. Dalam satu sachet oatmeal sudah mengandung cukup kalsium sekitar 105 mg. Anda bisa mengolah oatmeal dengan cara dibuat bubur yang disajikan bersama pisang atau stroberi.

4. Jeruk
Satu butir jeruk mengandung 60 mg kalsium, di samping vitamin dan juga serat. Anda disarankan mengonsumsi buah jeruk dengan cara dimakan mentah namun jika bosan, bisa membuatnya jadi jus tanpa disaring atau diberi tambahan gula.

5. Kacang Kedelai
Kacang kedelai pun mengandung banyak kalsium. Dalam satu cangkir kacang kedelai memiliki sekitar 261 kalsium.

6. InfinyCal
Sebuah produk kesehatan ion kalsium yang terbuat dari kulit kerang mutiara (Nacre) yang bersifat basa sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh manusia hingga 75% - 85% tanpa melalui proses pencernaan. Produk lain pada umumnya menawarkan antioksidan, vitamin, mineral dan imun yang memperbaiki sel darah. Sedangkan InfinyCal memperbaiki “pabrik” yang memproduksi sel darah, yaitu sumsum tulang manusia. Setiap kapsul InfinyCal beratnya 400 mg dan mengandung Ca sekitar 200 mg. Dapatkan kapsul InfinyCal yang Asli hanya di Matrixshop.
Website Find




Users browsing this thread: 1 Guest(s)